Tips Memilih Kambing Qurban yang Sesuai dengan Syariat

kambing kurban

Kambing adalah salah satu hewan yang digunakan untuk berqurban Idul Adha. Harga kambing yang lebih terjangkau dibandingkan sapi atau hewan ternak lainnya, membuat kambing banyak diminati oleh umat Islam untuk berqurban. Dalam berqurban, kambing qurban juga harus diperhatikan kondisi dan kesehatannya. Semakin bagus kualitas kambing yang diberikan, tingkat pemanfaatannya juga jauh lebih tinggi. 

Pada tahun ini, Idul Adha jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Menjelang Hari Raya tersebut, ada baiknya kamu memperhatikan kondisi hewan yang akan kamu qurbankan. Banyaknya penyedia kambing qurban terkadang membuat kesulitan dalam memilih hewan mana yang sehat dan sah untuk berqurban. Oleh karena itu, berikut adalah syarat dan tips membeli kambing untuk berqurban.

Syarat dan Ketentuan Kambing Qurban

  1. Qurban dengan kambing hanya boleh dijadikan untuk satu orang saja. Seperti yang telah disepakati oleh ulama berdasarkan kitab yang ditulis oleh Ibnu Hajar Alhaitami.
    “ (Seekor kambing) baik domba maupun kambing kacang itu memadai untuk qurban (satu orang) saja berdasarkan kesepakatan ulama, tidak untuk lebih satu orang.”
  2. Kambing qurban harus berusia genap satu tahun atau memasuki tahun kedua. 
  3. Bebas dari cacat yang mengurangi kualitas kambing qurban. Dalam berqurban, terdapat beberapa ketentuan mengenai hewan cacat yang tidak boleh digunakan yaitu jika hewan buta sebelah, pincang, sakit atau maridhah, serta kurus kering atau ajfa.

Tips Memilih Kambing Qurban

Dalam memilih kambing qurban, beberapa hal perlu diperhatikan seperti terpenuhinya syarat-syarat kambing sebagai hewan qurban. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih kambing qurban:

  1. Usia HewanSeperti yang telah disebutkan bahwa usia hewan menjadi salah satu syarat utama hewan qurban. Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui usia hewan qurban adalah dengan melihat catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik hewan. Selain itu, metode pemeriksaan gigi hewan juga dapat dilakukan untuk mengetahui umurnya.
  2. Tidak CacatPastikan kondisi kambing qurban tanpa cacat. Kondisi hewan menjadi penentu sah tidaknya sebuah ibadah qurban. Jika kambing untuk berqurban memiliki cacat, maka hewan tersebut tidak sah untuk dijadikan hewan qurban.
  3. Kondisi SehatSelain tanpa cacat, penting untuk mengetahui bahwa kambing dalam kondisi sehat. Kesehatan kambing dapat dilihat dari nafsu makannya yang baik, licah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam.
  4. Tempat Pembelian HewanPembelian kambing untuk berqurban tidak hanya sebatas mengenai hewan itu sendiri, namun juga perlu dilihat dari sisi tempat penjual hewan qurban. Jangan membeli hewan qurban yang diternak dengan kondisi lingkungan yang kotor karena berpotensi mengandung bakteri berbahaya. Pastikan lingkungan hewan ternak bersih dan jauh dari polusi udara. Salah satu alternatif pembelian hewan qurban adalah secara online. Kitabisa menyediakan hewan qurban yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. Kitabisa telah bekerjasama dengan peternak dan lembaga penyalur hewan qurban, sehingga kondisi hewan dipastikan sehat dan sesuai dengan syariat Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *